Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan implementasi inovasi kurikulum berbasis karakter dalam pendidikan Islam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan mendesak untuk memperkuat pendidikan karakter di tengah tantangan globalisasi dan krisis moral yang melanda generasi muda. Pendidikan Islam memiliki potensi besar dalam membentuk karakter mulia melalui nilai-nilai religius dan ajaran akhlak. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji praktik inovatif yang diterapkan di beberapa lembaga pendidikan Islam, seperti integrasi nilai karakter dalam mata pelajaran, pembiasaan harian berbasis nilai Islami, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung penguatan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi kurikulum yang dikembangkan secara kontekstual dan berbasis nilai-nilai Islam mampu meningkatkan kesadaran spiritual, tanggung jawab sosial, serta sikap jujur dan disiplin peserta didik. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, inovasi ini terbukti relevan dan berdampak positif terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pelatihan guru dan pengembangan kurikulum yang lebih fleksibel dan responsif terhadap dinamika sosial dan kebutuhan peserta didik
Copyrights © 2025