Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 4 JENEPONTO: PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Nurlaelah, Nurlaelah S (Unknown)
Mustamin (Unknown)
Syahrul, Muhammad (Unknown)
Wahab, Abdul (Unknown)
Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMK Negeri 4 Jeneponto. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Jeneponto, khususnya di kelas XI, (2) bagaimana gambaran kompetensi guru di SMK Negeri 4 Jeneponto, (3) bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Jeneponto yang berjumlah 197 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk kedua variabel, yaitu variabel kompetensi guru (X) dan variabel motivasi belajar (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya kompetensi sosial yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan nilai t hitung sebesar 2,912 > t tabel 2,032 dan signifikansi 0,007 < 0,05. Sementara itu, kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian menunjukkan pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan secara individu. Sedangkan secara simultan, keempat kompetensi guru tersebut berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, sebagaimana dibuktikan melalui uji F dengan nilai F hitung sebesar 8,768 > F tabel 2,678 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,531 menunjukkan bahwa 53,1% variasi dalam motivasi belajar peserta didik dapat dijelaskan oleh keempat kompetensi guru, sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri 4 Jeneponto

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...