Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Pampang, Kota Makassar. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode guide reading dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri Pampang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan metode guide reading yang terstruktur dan berpusat pada bimbingan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Pampang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes membaca permulaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, ketuntasan klasikal hanya mencapai 35,48% dan masih berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 71%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode guide reading efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri Pampang, Kota Makassar.
Copyrights © 2025