Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

Jurnal EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA VISUAL DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK FASE C SEKOLAH DASAR

MUHAMMAD FADHIL BAPADA (Unknown)
Sandi Budi Iriawan (Unknown)
Rina Heryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerita pendek pada peserta didik fase C sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran dan media yang kurang optimal dalam mendukung proses pembelajaran. Sebagai solusinya, digunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media visual digital yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui tes menulis sebelum dan sesudah perlakuan, lalu dianalisis menggunakan SPSS Statistic 27. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 70,63 dan posttest sebesar 86,46. Uji peered sample t-test menghasilkan signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, skor N-Gain sebesar 0,56 atau 56,79% berada pada kategori keefektifan sedang. Dengan demikian, model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media visual digital cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...