Permasalahan “pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman yang berdampak pada hasil belajar pada muatan Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai isi teks dalam bacaan. salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Cooperative Integrated Reading And Composition dan Talking Stick. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 4 SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin yang berjumlah 15 siswa. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 28 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% dengan kategori “Sangat Aktif”. Adapun keterampilan membaca pemahaman pertemuan 4 memperoleh persentase 93%. Untuk hasil belajar siswa meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Kombinasi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas,keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin.”
Copyrights © 2025