Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Terbit

PENINGKATAN KOSAKATA ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI DI KELOMPOK BERMAIN DAHLIA KAPUJAN BAYANG PESISIR SELATAN

Arianti, Nopen (Unknown)
Indra Yeni (Unknown)
Asdi Wirman (Unknown)
Elise Muryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Upaya penelitian ini berusaha untuk meningkatkan pemahaman dan kemahiran anak usia dini melalui media film animasi di Kelompok Bermain Dahlia Kapujan Bayang, Pesisir Selatan. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kosakata akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dijalankan di dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Para peserta dalam penelitian ini termasuk kelompok 18 anak, yang terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi lembar observasi dan materi dokumenter. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan substanstansial dalam kemampuan pemahaman anak-anak selama setiap pertemuan. Pada siklus pertama, proporsi anak-anak yang diklasifikasikan dalam kategori “Sangat Berkembang” tercatat sebesar 13%, sedangkan pada siklus kedua, angka ini meningkat menjadi 75%, dengan pencapaian kumulatif kategori 3 dan 4 mencapai 100%. Peningkatan penting ini menyiratkan bahwa penerapan media film animasi dapat meningkatkan kosakata anak usia dini. Media ini mampu menarik perhatian anak, memotivasi belajar, dan memfasilitasi proses pemahaman baru bagi anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...