Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS TERPADU DAN DISIPLIN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMPN 1 BONJOL

maharani, dewi (Unknown)
Ronald, Jimi (Unknown)
Areva, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, fasilitas belajar, dan dukungan orang tua terhadap disiplin belajar. Ini berupaya memahami dampak kesiapan belajar, fasilitas pembelajaran, kepercayaan diri, dukungan orang tua, dan disiplin belajar terhadap prestasi akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari siswa kelas delapan di SMPN 1 Bonjol. Sampel 64 individu dipilih menggunakan stratifikasi random sampling berdasarkan pendapatan orang tua. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuesioner tertutup, menggunakan analisis jalur dan uji-t untuk analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari kesiapan belajar terhadap disiplin belajar siswa, dengan nilai koefisien jalur 0,260 dan nilai t hitung 2,505 > nilai tabel 2,001, (2) Adanya pengaruh negatif dan signifikan dari fasilitas pembelajaran terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur -0,527, Nilai hitungan t -4,973 < T Tabel 2,001. (3) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan dari dukungan orang tua terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur 0,061, nilai hitungan t 0,574 < t tabel 2,001. (4) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari kesiapan belajar terhadap prestasi siswa dengan nilai koefisien jalur -0,365, nilai hitungan t -5,376 < t tabel 2,001. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari fasilitas pembelajaran terhadap prestasi siswa dengan nilai koefisien jalur 0,220, nilai hitungan t 2,858 > t tabel 2,001. (6) Terdapat pengaruh kepercayaan diri yang negatif dan signifikan terhadap prestasi siswa dengan nilai koefisien jalur -0,274, nilai hitungan t -4,028 < t tabel 2,001. (7) Ada pengaruh positif dan signifikan dari dukungan orang tua (X4) terhadap prestasi akademik dengan nilai koefisien jalur 0,686, nilai t-count 11,100 > t-table 2,001. (8) Adanya pengaruh disiplin studi yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai koefisien jalur 0,225, nilai t-count 2,991 > t-table 2,001.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...