Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

ANALISIS PENGGUNAAN GAME QUIZIZZ DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SDN SERANG 03

Safitri, Eti Nurhayati (Unknown)
Aditya Rachman (Unknown)
⁠Ahmad Suganda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis game, yaitu Quizizz, dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Serang 03. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan utama dalam pembelajaran abad ke-21, di mana siswa dituntut untuk mampu menganalisis, menilai, dan menyelesaikan masalah secara logis. Dalam pembelajaran IPAS, khususnya materi Kekayaan Budaya di Indonesia, kemampuan ini sangat penting untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya dan sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta mendorong siswa untuk lebih terlibat secara reflektif. Guru juga menyatakan bahwa media ini mendukung proses evaluasi yang lebih efisien dan meningkatkan partisipasi siswa, termasuk yang sebelumnya kurang aktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...