Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Terbit

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL FASE E MAN 3 PASAMAN BARAT

Aulia, Annisa (Unknown)
Yusri, Radhya (Unknown)
Yunita, Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi yang masih kurang pada bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan belajar secara mandiri, sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, khususnya materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD valid dan praktis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E MAN 3 Pasaman Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi dan lembar uji praktikalitas.Berdasarkan hasil validitas E-LKPD oleh validator ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan E-LKPD 90,14% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan dengan pendidik memperoleh nilai akhir 86,66% dengan kategori sangat praktis dan nilai akhir uji praktikalitas peserta didik diperoleh persentase 86,28% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Variabel Kelas X Fase E MAN 3 Pasaman Barat dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...