Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dengan model Discovery Learning apakah kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas XII F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII F6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Post-test, berbentuk essay dengan reliabilitas 0,754. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-Value < 0,05 yaitu 0,04 < 0,05 pada taraf . Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2025