Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Terbit

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XII SMA PERTIWI 1 PADANG

Muhammad Hakim (Unknown)
Sefna Rismen (Unknown)
Alfi Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dengan model Discovery Learning apakah kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas XII F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII F6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Post-test, berbentuk essay dengan reliabilitas 0,754. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-Value < 0,05 yaitu 0,04 < 0,05 pada taraf . Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada dengan menerapkan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...