Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA/MA

Yuli Maryanis (Unknown)
Siska Nerita (Unknown)
Abizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Perubahan lingkungan merupakan isu global yang menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran konvensional sering membuat peserta didik pasif dan kurang terlibat. Oleh karena itu, pengembangan sumber belajar inovatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menjadi penting. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA/MA. Penelitian dilakukan Februari–Agustus 2025 di SMA Negeri 7 Bungo bekerja sama dengan Universitas PGRI Sumatera Barat menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Data dikumpulkan melalui uji validitas oleh tiga dosen validator dan uji praktikalitas oleh guru serta peserta didik dengan angket skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas 83,75% (sangat valid) pada aspek isi, bahasa, didaktik, dan grafis. Uji praktikalitas memperoleh hasil 94% (sangat praktis) oleh guru dan 93,30% (sangat praktis) oleh peserta didik. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...