Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran, kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Estafet Quiz Pada Kelas V SD Negeri Cengklik Surakarta Tahun Ajar 2024/2025. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas & 3 peserta didik kelas VC SD Negeri Cengklik Surakarta, dan objek diteliti adalah penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan estafet quiz di kelas VC. Penelitian ini dilaksanakan dari 10-13 Juni 2025 di SD Negeri Cengklik Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data kualitatif dilakukan dengan triangulasi teknik. Data pada teknik penelitian dianalisiss dengan urutan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh dari proses implentasi model pembelajaran TGT berbantuan estafet quiz di kelas VC SD Negeri Cengklik Surakarta sudah sesuai sintak terdiri penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permaianan, turnamen, & penghargaan. Kelebihan pelaksanaan model pembelajaran TGT di kelas VC SD Negeri Cengklik Surakarta yaitu adanya menumbuhkan prilaku menghargai orang lain, semangat belajar, membangun & menambah pengetahuan. & menumbuhkan sikap kerjasama & toleransi. dan kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan estafet quiz yaitu ruang kelas ramai, tidak bisa untuk kelompok besar, & membutuhkan sarana & prasarana yang mendukung. Berdasarkan penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe TGT berbantuan estafet quiz di SD Negeri Cengklik Surakarta dilaksanakan sesuai sintak, dengan memiliki kelebihan & kekurangan.
Copyrights © 2025