Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

Penggunaan Game Clash Of Champions Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Materi Peta Kelas IV Sekolah Dasar

Heli Widiyanti (Unknown)
Guslinda (Unknown)
Eddy Noviana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan game clash of champions sebagai evaluasi pembelajaran IPAS materi peta kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest Design yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja yang dipilih secara random. Instrument yang digunakan berupa tes. Hasil menunjukan adanya peningkatan sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan berupa game clash of champions sebagai evaluasi pembelajaran IPAS materi pet akelas IV sekolah dasar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukan bahwa nilai rata-rata post test lebih besar dari rata-rata pre test. Rata-rata post test sebesar 81,10 yang berada pada kategori cukup baik, dan rata-rata pre test 63,00 yang berada pada kategori cukup. Hasil perhitungan N-Gain menunjukan bahwa nilai rata-rata 60,50 dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan game clash of champions sebagai evaluasi pembelajaran IPAS materi pet akelas IV efektif digunakan dan dapat dijadikan alternatif baru dalam evaluasi pembelajaran. Keywords: Clash of champions, evaluasi pembelajaran, IPAS

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...