Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak kelompok A melalui media pembelajaran berbasis Wordwall di TK Islam Al Ikhsan Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model tindakan Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 7 anak. Data dikumpulkan melalui obervasi dan wawancara kepada guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan bilangan 1-10 pada setiap siklus. Pada pra-siklus, rata-rata skor yang diperoleh anak adalah 29,28 (49%). Setelah penerapan tindakan pada siklus I, rata-rata skor meningkat menjadi 48,71 (81%) dan pada siklus II mencapai 59,57 (99%). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak usia dini, khususnya kelompok A di TK Islam Al Ikhsan Bekasi.
Copyrights © 2025