Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN BILANGAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AL IKHSAN BEKASI

Sekar Ayu Cahyaningrum (Unknown)
Yon AE (Unknown)
Nina Yuminar Priyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak kelompok A melalui media pembelajaran berbasis Wordwall di TK Islam Al Ikhsan Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model tindakan Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 7 anak. Data dikumpulkan melalui obervasi dan wawancara kepada guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan bilangan 1-10 pada setiap siklus. Pada pra-siklus, rata-rata skor yang diperoleh anak adalah 29,28 (49%). Setelah penerapan tindakan pada siklus I, rata-rata skor meningkat menjadi 48,71 (81%) dan pada siklus II mencapai 59,57 (99%). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak usia dini, khususnya kelompok A di TK Islam Al Ikhsan Bekasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...