Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal, khususnya pada materi kesebangunan. Representasi matematis mencakup tiga indikator, yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Limau pada materi kesebangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa kelas VII-1. Instrumen penelitian terdiri dari tes berbentuk soal uraian dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 siswa memiliki kemampuan representasi matematis kategori tinggi, 17 siswa kategori sedang, dan 12 siswa kategori rendah. Siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator representasi, siswa dengan kategori sedang hanya memenuhi dua indikator (simbolik dan verbal), sedangkan siswa kategori rendah hanya memenuhi salah satu indikator. Secara keseluruhan, kemampuan representasi matematis siswa berada pada kategori sedang, dengan kelemahan utama pada aspek visual dan simbolik. Temuan ini memberikan implikasi perlunya strategi pembelajaran yang menekankan pada penguatan representasi visual dan simbolik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Copyrights © 2025