Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGEMBANGAN E-MODULE “SIBUDI” BERBASIS JOYFULL LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SDN SERANG 03

Baeroh, Eroh (Unknown)
Aditya Rachman (Unknown)
Ahmad Suganda (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-module interaktif “SiBudi” berbasis pendekatan Joyful Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Serang 03 terhadap materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk dikembangkan melalui aplikasi Canva dan Articulate Storyline 3, dan dilengkapi fitur interaktif berupa video, game edukatif, serta kuis evaluatif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul tergolong sangat layak, dengan skor dari ahli materi sebesar 3,85 (96,25%) dan ahli media sebesar 3,89 (97,25%). Uji kepraktisan menunjukkan skor dari guru sebesar 3,35 (83,75%) dan dari siswa sebesar 89,3%. Efektivitas produk dibuktikan dari peningkatan nilai siswa, yaitu rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6 dan pos-ttest sebesar 86,3. Dengan demikian, e-module SiBudi dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...