Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-module interaktif “SiBudi” berbasis pendekatan Joyful Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Serang 03 terhadap materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk dikembangkan melalui aplikasi Canva dan Articulate Storyline 3, dan dilengkapi fitur interaktif berupa video, game edukatif, serta kuis evaluatif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa e-modul tergolong sangat layak, dengan skor dari ahli materi sebesar 3,85 (96,25%) dan ahli media sebesar 3,89 (97,25%). Uji kepraktisan menunjukkan skor dari guru sebesar 3,35 (83,75%) dan dari siswa sebesar 89,3%. Efektivitas produk dibuktikan dari peningkatan nilai siswa, yaitu rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6 dan pos-ttest sebesar 86,3. Dengan demikian, e-module SiBudi dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025