Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN WEBSITE GENIALLY PADA MATERI BERTUKAR ATAU MEMBAYAR: Pendekatan Research and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tonjong 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025

Az Zahra, Putri Wihelmi (Unknown)
Mulyawati, Yuli (Unknown)
Ganeswara, M. Ginanjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan efektivitas e-modul menggunakan website genially terhadap proses pembelajaran kelas IV di SDN Tonjong 03 pada semester genap, tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji validasi dilakukan pada ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk mengembangkan dan menyempurnakan e-modul menggunakan website genially untuk peserta didik. Lembar angket respon peserta didik, soal pretest dan soal posttest disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas e-modul menggunakan website genially pada pembelajaran. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa ahli media sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, ahli materi dosen sebesar 97,3% dengan kriteria sangat layak, dan ahli materi guru sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata angket respon peserta didik sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,76 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan menunjukkan bahwa pengembangan e-modul menggunakan website genially sangat layak dan menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...