Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: Tingkat validasi modul hasil pengembangan pada konsep sistem reproduksi manusia yang diintegerasikan nilai-nilai Islam; Pemahaman siswa pada konsepsistem reproduksi manusia; dan Tingkat berpikir kritis siswa, telah dilakukan pada semester genap 2013/2014 di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode R D dan experimental semu.Metode R D digunakan untuk mengembangkan modul dengan model 3D yang diadaptasi dari model 4D. Pemahaman konsep menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan: Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian semua siswa kelas XI-IPA berjumlah 128 siswa. Sampel diambil 60 siswa, yaitu kelas XIIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan persentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Modul hasil pengembangan memiliki kriteria validasi sangat valid 85,29%. 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diberi modul dengan siswa yang tidak diberi modul dengan nilai t-hitung (2,174) dan t-tabel (2,002). 3) Terdapat perbedaan berpikir kritis antarasiswa yang diberi modul dengan tidak diberi modul, dengan t-hitung (2,389) dan t-tabel (2,002). Simpulan penelitian, modul hasil pengembangan pada konsep reproduksi yang diintegrasikan nilai-nilai islam sangat valid dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa SMAN 11 BandaAceh.
Copyrights © 2015