Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem Informasi Geografi (SIG) dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial (spatial thinking ability) mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, dimana variabel dependennya adalah kemampuan berpikir spasial mahasiswa sedangkan variabel independennya adalah SIG. Kemampuan berpikir spasial mahasiswa diperoleh melalui instrumen Spatial Thinking Ability Test (STAT). Instrumen STAT ini merupakan komponen berpikir spasial yang akan dikembangkan oleh Association of American Geographers (AAG). Ada 8 komponen berpikir spasial yang digunakan, yaitu comparison, aura, region, hierarchy, transition, analogy, pattern, dan association (AAG, 2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIG memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial mahasiswa.Kata kunci: berpikir spasial, instrumen STAT, sistem informasi geografi DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v10.i1.23353
Copyrights © 2022