Abstrak: Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam mata kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kreativitas, inisiatif, kemandirian, dan kerjasama mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dikarenan pendidikan di Indonesia semakin dipengaruhi oleh integrasi teknologi yang berkembang seiring dengan waktu. Media pembelajaran dipersiapkan bagi generasi pendidik dan pelajar masa kini untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Generasi masa kini harus hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Teknologi pembelajaran adalah upaya sistematis untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran berdasarkan kajian proses pembelajaran dan komunikasi menggunakan sumber daya manusia secara bersama-sama agar pembelajaran dapat terjadi secara efektif. Model pembelajaran ini menekankan pada hasil akhir berupa produk yang disusun secara sistematis oleh mahasiswa untuk membangun sebuah perencanaan perangkat atau proyek. Proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa dilakukan secara kolaboratif, inovatif, dan berfokus pada pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Perkembangan teknologi dan media pembelajaran memainkan peran penting dalam membangkitkan daya kreativitas dan inovasi peserta didik serta pendidik dalam era kemajuan teknologi saat ini.Melalui metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode quasi eksperimen bertujuan mendeskripsikan pemahaman PjBL, keberhasilan dalam pembelajaran PjBL, dan kendala proses pembelajaran model PjBL. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket (kuesioner) dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan psikomotorik mahasiswa. Pembelajaran berbasis proyek dan teknologi membantu mahasiswa membangun pengetahuan akan spiritualitas dan menciptakan proyek yang berhubungan erat dengan teknologi. Mahasiswa menunjukkan jiwa kreativitas yang tinggi dan kemampuan untuk menciptakan suasana baru yang memperkaya pengalaman spiritualitas dan karakter mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan psikomotorik mahasiswa dalam mata kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di STIPAK Malang.
Copyrights © 2025