Journal of Islamic Education Counseling
Vol. 4 No. 2 (2024): Etika Profesi Konselor

Interpretasi Guru Bimbingan dan Konseling pada Sistem Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Alfayyadl, Ahmad Fasya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan inklusi sudah selayaknya diterapkan di setiap sekolah. Hal tersebut dikarenakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa ABK untuk belajar bersosialisasi dengan semua orang. Salah satu sekolah di Yogyakarta sudah menerapkan sistem pendidikan tersebut, yakni SMP Negeri 15 Yogyakarta. Namun, tidak semua jenis ABK dapat bersekolah disana, karena keterbatasan kompetensi yang dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling (BK) dan guru pendamping khusus (GPK). Guru BK SMP Negeri 15 Yogyakarta, sudah memahami terkait konsep pendidikan inklusi. Hal ini bisa dibuktikan dengan perhatiannya kepada siswa ABK lebih dikhususkan, dengan dibantu oleh GPK. Karena antara guru BK dan GPK saling bekerja sama dalam menjalankan tugasnya. Pelaksanaan sistem pendidikan inklusi tersebut disesuaikan dengan visi misi sekolah yang juga telah mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak, sehingga sejalan dengan prinsip dari pendidikan inklusi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jieco

Publisher

Subject

Education

Description

fokus kajian Bimbingan dan konseling, tentang metodeĀ  konseling, media konseling, Bimbingan dan konseling pendidikan Islam, Bimbingan dan konseling Islam, Bimbingan dan konseling pendidikan, dan Psikologi ...