Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.11, Nopember 2016

PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MUTU KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR

Yandris Mena (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Achmad Supriyanto (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Burhhanudin Burhhanudin (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

This study to help teachers to be able to carry out their duties and responsibilities to the maximum. The method used is a qualitative approach with case study design using an instrument of supervision. This study uses data analysis interactive model, including: data reduction, the data display and conclusion drawing/verification. The results of this study indicate that the implementation of clinical supervision in improving the quality of teacher performance-should be reviewed again, so as to realize a qualified and competent teacher. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus dengan menggunakan instrumen supervisi. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan mutu kinerja guru harus benar-benar direview kembali, sehingga dapat mewujudkan guru yang berkualitas dan berkompeten.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...