Jurnal EduBio Tropika
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EduBio Tropika

ANALISIS INDEKS KESUKARAN DALAM PENGEMBANGAN ITEM TES PADA KONSEP SEL TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Maulida Maulida (Universitas Syiah Kuala)
Muhibbuddin Muhibbuddin (Universitas Syiah Kuala)
Yusrizal Yusrizal (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis indeks kesukaran item tes pada materi sel tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai dengan april. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan tipe formative reseach dengan bentuk tes pilihan ganda sebanyak 100 item tes. Subjek penelitian yang dipakai adalah sebanyak 43 siswa. Tes disusun dan divalidasi oleh tim ahli kemudian diberikan kepada subjek penelitian, data yang didapatkan di analisis dengan menggunakan rumus indeks kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 52 item tes dengan kategori indeks kesukaran “mudah”, 40 item tes dengan kategori indeks kesukaran “sedang” dan 8 soal berada dalam kategori indeks kesukaran “sukar”. Dapat disimpulkan item tes yang telah valid telah memenuhi persyaratan dan telah dapat digunakan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...