ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada PT. Ragam Baja Nusantara. Metode menggunakan explanatory research, dan uji hipotesis dengan sampling jenuh dengan 55 responden. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif yang meliputi Uji Instrumen, Uji Kelayakan Data, dan uji statistik. Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut:Terdapat pengaruh signifikan antara orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dengan korelasi 0,615, kontribusi pengaruh 37,8%. Uji hipotesis Ï value 0,000 < 0,05.Terdapat pengaruh signifikan antara inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dengan korelasi positif 0,650, kontribusi pengaruh 42,3%. Uji hipotesis Ï value 0,000 < 0,05.Terdapat pengaruh signifikan antara orientasi pasar dan inovasi produk secara simultan terhadap keunggulan bersaing dengan korelasi positif 0,690 dan kontribusi pengaruh sebesar 47,6%. Uji hipotesis Ï value 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing
Copyrights © 2019