Jurnal Kependidikan Islam
Vol. 15 No. 1 (2025): Februari

Pelaksanaan Total Quality Management (TQM) dalam Pendidikan di Sekolah Alam Saka Kediri

Muslimah, Ismi (Unknown)
Karimah, Karimah (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Filosofi Total Quality Management (TQM) dalam pendidikan didasarkan pada konsep peningkatan kualitas pembelajaran, manajemen sekolah dan layanan kepada siswa dan kelompok kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik dengan memfokuskan pada perbaikan secara terus-menerus, kepuasan semua pihak dan efektifitas proses pembelajaran di sekolah alam SAKA Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrument yang digunakan adalah wawancara kepada kepala sekolah, fasilitator dan staf. observasi dengan mengamati dan ikut serta dalam proses pelaksanaan TQM di sekolah alam SAKA Kediri. Serta dokumentasi, sebagai pendukung tambahan dalam pelaksanaan TQM. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, di mana peneliti mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah menerapkan project atau program kerja yang berkualitas dengan menerapkan konsep alam sebagai media utama dan evaluasi secara berkala untuk menghadapi masalah yang dihadapi. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya TQM adalah reputasi atau citra sekolah menjadi baik, serta banyaknya siswa-siswi yang berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Kependidikan Islam is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education, conceptual innovation or ...