Kinerja guru merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Guru yang berkinerja baik mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif, mendorong prestasi siswa, serta membentuk karakter yang unggul. Namun, pada kenyataannya, masih ditemukan guru dengan kinerja yang belum optimal, yang diduga dipengaruhi oleh faktor kompetensi, motivasi, dan beban kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, motivasi, dan beban kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Daarul Abror Bangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 37 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Daarul Abror Bangka. Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi, dan beban kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Daarul Abror Bangka. Keunikan penelitian ini terletak pada konteks lokal pesantren berbasis Madrasah Aliyah yang belum banyak diteliti secara empiris, serta peggunaan kombinasi tiga variabel utama secara simultan untuk mengkaji kinerja guru secara komprehensif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam merumuskan kebijakan peningkatan kinerja guru melalui penguatan kompetensi, pemberian motivasi, dan pengelolaan beban kerja yang proporsional.
Copyrights © 2025