Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 5, No 2 OKT (2024)

Kegiatan Mewarnai Dengan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Di TK Al Hidayah Bakti III Pelem

Novianawati, Nita (Unknown)
Parwoto, Parwoto (Unknown)
Sumandar, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak kelompok A TK Al Hidayah Bakti III Pelem dalam kegiatan mewarnai yang hasilnya belum maksimal. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai dengan metode pemberian tugas. Kegiatan mewarnai akan mengajak anak bagaimana mengarahkan kebiasaan anak mewarnai dengan spontan menjadi kebiasaan menuangkan warna yang mempunyai nilai pendidikan. Teknik yang digunakan adalah pemberian tugas, yang dapat dilakukan secara kelompok, berpasangan ataupun individual sehingga hasil pemberian tugas dapat berupa suatu hasil karya kelompok, sepasang atau seorang anak. Di samping menilai hasilnya, guru juga harus menilai prosesnya melalui observasi langsung. Penelitian dilakukan dengan metode pemberian tugas dengan subyek penelitian yakni anak kelompok A TK Al Hidayah Bakti III Pelem yang berjumlah 10 peserta didik dengan pembagian 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik analisis data dengan mengadakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mewarnai dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak pada anak kelompok A TK Al Hidayah Bakti III Pelem.Kata Kunci : Mewarnai, Pemberian Tugas, Fisik Motorik Halus

Copyrights © 2024