Jurnal EduBio Tropika
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal EduBio Tropika

REKONSTRUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP MATERI GENETIK MELALUI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E

Chairunnisa Chairunnisa (Unknown)
Muhibbuddin Muhibbuddin (Unknown)
Khairil Khairil (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2016

Abstract

Penelitian tentang “Rekonstruksi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Materi Genetik melalui Penerapan Model Learning Cycle 7e” telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie pada bulan Maret sampai dengan April 2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa, kemampuan rekonstruksi miskonsepsi siswa dan penurunan miskonsepsi siswa pada materi genetik. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XII yang berjumlah 130 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian sebanyak 60 orang siswa yang dibagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda model CRI. Pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung N-Gain dan selanjutnya membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep, rekonstruksi miskonsepsi, dan penurunan miskonsepsi siswa pada konsep materi genetik melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7e dibandingkan siswa kelompok kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...