Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta pada mata kuliah Mekanika Teknik 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi nilai mahasiswa, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan hasil belajar mahasiswa. Faktor-faktor internal seperti motivasi belajar, kesiapan akademik, serta minat terhadap mata kuliah berpengaruh positif terhadap pencapaian akademik. Sementara itu, faktor eksternal seperti dukungan keluarga dan lingkungan kampus turut memberikan kontribusi terhadap keberhasilan belajar mahasiswa. Penelitian ini menyarankan perlunya penyesuaian metode pembelajaran oleh dosen dan peningkatan kesiapan belajar dari mahasiswa.
Copyrights © 2025