JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 11, No 1 (2025): APRIL 2025

LITERASI ANTI BULLYING DALAM PERMAINAN TRADISIONAL ACEH INGKE DI SD ISLAM TERPADU FAJAR HIDAYAH ACEH BESAR

Alimin, Rahmat (Unknown)
Herawati, Herawati (Unknown)
Pardi, Pardi (Unknown)
Harahap, Heri Aprian (Unknown)
Kesuma, Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Abstrak Bullying di sekolah dasar masih menjadi permasalahan serius yang dapat menghambat perkembangan psikososial anak. Rendahnya literasi anti bullying menyebabkan siswa kurang mampu mengenali, mencegah, dan menolak perilaku perundungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi permainan tradisional Aceh Ingke (Engklek) sebagai sarana peningkatan literasi anti bullying pada siswa SD Islam Terpadu Fajar Hidayah Aceh Besar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan Ingke, siswa belajar nilai kejujuran, sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai, sehingga pemahaman serta sikap anti bullying meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan tradisional dapat menjadi media edukatif yang efektif dalam menanamkan literasi anti bullying berbasis kearifan lokal. Kata kunci: literasi anti bullying, permainan tradisional, Ingke, sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...