Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan layanan konseling karir dalam membantu perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Lebong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi di lapangan, wawancara dengan para informan, serta dokumentasi yang relevan untuk menggambarkan situasi nyata terkait layanan ini. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk merepresentasikan dan menjelaskan pelaksanaan layanan konseling karir di lembaga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat program materi terkait layanan konseling karir yang diusung oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) di SMK Negeri 1 Lebong. Program ini mencakup layanan informasi yang berfokus pada pemahaman diri siswa terkait pilihan jurusan yang mereka ambil. Pelaksanaan layanan konseling karir ini dilakukan dalam tiga format, yaitu secara klasikal, kelompok, dan individual. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi, seperti ketidakseimbangan rasio antara jumlah siswa dan guru, serta keterbatasan sarana yang mendukung kegiatan bimbingan karir, seperti tempat dan jadwal untuk memasuki kelas XII. Selain itu, kurangnya kemitraan dengan pihak luar sekolah menjadi tantangan tersendiri, mengingat siswa yang lulus tidak memiliki jaminan untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Copyrights © 2024