Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN SSP IPA BERBASIS SURROGATE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA ERUPSI GUNUNG BERAPI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VII SMP N 2 CANGKRINGAN

Tyas, Rizki Arumning (Unknown)
Widodo, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap penguasaan konsep IPA dan kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana erupsi gunung berapi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest – posttest nonequivalent control group design. Sampel berjumlah 61 orang berasal dari SMP N 2 Cangkringan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Silabus, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (3) Lembar Kegiatan Peserta Didik. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar Observasi Kesiapsiagaan, (2) Angket Kesiapsiagaan, dan (3) Soal pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap penguasaan konsep IPA siswa, tetapi, tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana erupsi gunung berapi.Kata Kunci: subject specific pedagogy, surrogate experiential learning, kesiapsiagaan, penguasaan konsep.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...