Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)

PENGARUH PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS SISWA

Nur Salim, Thifli Habibi (Unknown)
Prasetyo, Zuhdan Kun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan socio-scientific issues (SSI) berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experimental dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Depok yang terdiri dari empat kelas (VII A, VII B, VII C, dan VII D) tahun pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni (1) soal pretest dan posttest literasi sains siswa (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis secara parametrik dianalisis melalui independent sample T-test. Besar pengaruh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji Cohen’s d effect size. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada independent sample T-test diperoleh sebesar 0,000 {sig. (2-tailed) ½ α}. Besar pengaruh diukur dengan perhitungan Cohen’s d effect size sebesar 1,19 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan SSI berbasis STEM berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains siswa SMP.Kata kunci: socio-scientific issue, STEM, Literasi Sains

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...