Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2025)

Penguatan Kreativitas Imajinasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Tari Berbasis Video

Mafaza, Tasyfiyata (Unknown)
Utami, Ratnasari Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran seni tari di Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasi siswa. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kali kurang mampu menarik minat serta memfasilitasi eksplorasi gerakan tari secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran tari berbasis video dalam meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa kelas VI Sekolah Dasar, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan teknik triangulasi, dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video meningkatkan antusiasme belajar siswa dan mendorong eksplorasi gerakan tari secara mandiri. Sebanyak 6 dari 28 siswa menunjukkan peningkatan kreativitas yang signifikan, yang ditunjukkan melalui keberhasilan mereka dalam lomba tari kreasi tingkat kabupaten. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan akses teknologi serta kecenderungan siswa untuk hanya meniru gerakan tanpa berkreasi. Strategi yang disarankan meliputi penggabungan media video dengan praktik langsung, proyek kreatif, dan kerja kelompok. Dengan pendekatan yang tepat, media video dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dalam menguatkan kreativitas dan imajinasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...