Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Pengaruh Media E-Komik Berbasis Etnomatematika Terhadap Aspek Self Efficacy Siswa Pada Materi Geometri

Pertiwi, Budi Wahyu (Unknown)
Gunawan, Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan abstrak oleh peserta didik, sehingga diperlukan media yang mampu meningkatkan pengalaman belajar yang bermakna dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media e-komik berbasis etnomatematika guna meningkatkan kemampuan berpikir divergen dan self-efficacy siswa pada materi geometri kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode preeksperimen melalui desain pretest-posttest satu kelompok eksperimen. Media e-komik diharapkan mampu meminimalisir kekurangan media cetak dan mengaitkan konsep matematika dengan kebudayaan lokal untuk memberikan konteks yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kreatif, serta kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Dengan demikian, media e-komik berbasis etnomatematika dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...