Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan abstrak oleh peserta didik, sehingga diperlukan media yang mampu meningkatkan pengalaman belajar yang bermakna dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media e-komik berbasis etnomatematika guna meningkatkan kemampuan berpikir divergen dan self-efficacy siswa pada materi geometri kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode preeksperimen melalui desain pretest-posttest satu kelompok eksperimen. Media e-komik diharapkan mampu meminimalisir kekurangan media cetak dan mengaitkan konsep matematika dengan kebudayaan lokal untuk memberikan konteks yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kreatif, serta kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Dengan demikian, media e-komik berbasis etnomatematika dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Copyrights © 2025