Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2025)

Problem Based Learning Berbantuan Media Liveworksheet: Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Ardila, Dinda (Unknown)
Rusnilawati, Rusnilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji  penggunaan model Problem Based Learning dengan memanfaatkan media Liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar sains (IPA) di kalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Nusukan pada siswa kelas IV. Studi perbandingan dilakukan antara dua kelompok siswa. Kelompok eksperimen (N=19) dengan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Liveworksheet, dan kelompok kontrol (N19) yang menggunakan model pembelajaran rutin di kelas. Analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hasil pembelajaran antara kedua kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran berbasis masalah dan media Liveworksheet memiliki peningkatan prestasi belajar IPA yang signifikan. Integrasi model Problem Based Learning dengan media Liveworksheet terbukti efektif meningkatkan hasil belajar (uji N-gain). Hal ini menegaskan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media liveworksheet mempunyai dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...