Penelitian ini bertujuan untuk menguji  penggunaan model Problem Based Learning dengan memanfaatkan media Liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar sains (IPA) di kalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Nusukan pada siswa kelas IV. Studi perbandingan dilakukan antara dua kelompok siswa. Kelompok eksperimen (N=19) dengan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Liveworksheet, dan kelompok kontrol (N19) yang menggunakan model pembelajaran rutin di kelas. Analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hasil pembelajaran antara kedua kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran berbasis masalah dan media Liveworksheet memiliki peningkatan prestasi belajar IPA yang signifikan. Integrasi model Problem Based Learning dengan media Liveworksheet terbukti efektif meningkatkan hasil belajar (uji N-gain). Hal ini menegaskan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media liveworksheet mempunyai dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025