Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 2 (2025)

Aplikasi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Membaca Alquran Anak Usia Dini

Wijayanti, Esti (Unknown)
Meimaharani, Rizkysari (Unknown)
Hidayati, Hanik (Unknown)
Riadi, Aditya Akbar (Unknown)
Nindyasari, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman dan landasan hidup bagi umat manusia yang diturunkan untuk menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya. Keistimewaan ini menjadi salah satu bukti kemukjizatan Al-Qur’an yang tidak dapat ditandingi oleh apa pun. Salah satu aspek kemukjizatan tersebut terletak pada bahasanya, yakni susunan kata yang membentuk ayat dan surah, yang memiliki nilai dan makna yang mendalam. Ciri khas dari bacaan Al-Qur’an adalah jumlah ayat yang relatif singkat dalam beberapa surah, sehingga sering digunakan sebagai hafalan dalam shalat setelah membaca surat Al-Fatihah.Oleh karena itu, penting untuk menanamkan kebiasaan membaca dan mendengarkan Al-Qur’an sejak usia dini. Hal ini bertujuan agar anak-anak memiliki dasar ibadah yang kuat serta mampu menghafal banyak surah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui media pembelajaran digital sebagai alat bantu, seperti aplikasi Al-Qur’an interaktif.Aplikasi ini dirancang sebagai media pembelajaran membaca Al-Qur’an untuk anak-anak, menggunakan Model Sekuensial Linier. Aplikasi berbasis Android ini dilengkapi dengan tampilan visual yang menarik, sehingga anak-anak dapat belajar mengaji dengan mudah dan tidak merasa bosan saat berinteraksi dengan materi pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...