Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write serta model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T. A 2023/2024. Pada penelitian ini seluruh kelas XI dijadikan populasi, kemudian dipilih dua kelas acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II untuk dijadikan sampel. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Intrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa post-test berbentuk essay yang sudah divalidasi. Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,57 sedangkan kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata post-test 77,21. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa data post-test telah berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan thitung (4,648)>ttabel (1,998). Oleh karena itu H0 ditolak sedangkan Ha diterima sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
Copyrights © 2024