Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep, prinsip, dan prosedur dalam penyelesaian soal pada materi perbandingan siswa.Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sunggal. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek dilakukan dengan cara memberikan tes kepada 33 siswa kelas VIII-8, lalu dilakukan pemilihan 6 siswa berdasarkan perolehan nilai tes siswa masing-masing 2 siswa per kategori. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu 1) pada pemahaman konsep siswa mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang konsep perbandingan dengan bahasa sendiri, kesulitan dalam menyatakan konsep perbandingan dalam representasi matematis, serta kesulitan dalam membuat contoh dan bukan contoh perbandingan serta kesulitan dalam mengklasifikasikan bentuk perbandingan pada cerita 2) pada penahaman prinsip, siswa mengalami kesulitan yaitu tidak mampu dalam mengubah soal menjadi bentuk model matematika atau pemisalan dengan tepat, dan masih terdapat informasi yang tidak lengkap dan jelas pada model, kesulitan dalam menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal serta, siswa kesulitan dalam menghitung jawabannya, 3) pada pemahaman prosedur, siswa kesulitan dalam menggunakan rumus dan langkah penyelesaian yang tidak tepat, kesulitan dalam membuat strategi yang benar.
Copyrights © 2024