Menulis paragraf merupakan keterampilan yang esensial untuk dimiliki mahasiswa. Keterampilan ini berperan fundamental dalam pengembangan keterampilan lainnya, seperti berpikir kritis, berpikir logis, berpikir kreatif, dan penyampaian gagasan secara efektif serta efisien. Meskipun demikian, esensi ini perlahan terabaikan akibat penyalahgunaan teknologi. Salah satu upaya untuk menguatkan pemahaman dan mengasah keterampilan menulis paragraf adalah dengan inovasi pembelajaran berbasis gamifikasi. Penelitian ini bertujuan menjabarkan implementasi chain writing berbasis gamifikasi di kelas perkuliahan Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas Pendidikan Bahasa Indonesia. Data berupa deskripsi pelaksanaan pembelajaran yang dikumpulkan dengan observasi dan paragraf hasil tulisan mahasiswa yang dikumpulkan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model alir. Penelitian ini menemukan bahwa (1) sintaks pembelajaran chain writing dapat diterapkan dengan berbasis gamifikasi; (2) paragraf yang ditulis mahasiswa menggunakan beragam piranti kohesi (kohesif); (3) paragraf yang ditulis mahasiswa memuat hubungan parataksis dan hipotaksis sehingga membentuk koherensi; (4) sebagian besar mahasiswa memberikan respons dan perspektif yang positif terhadap strategi yang diterapkan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa strategi chain writing berbasis gamifikasi merupakan strategi yang andal untuk membantu mahasiswa memperdalam pemahaman dan terampil menulis paragraf.
Copyrights © 2025