Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan yang mendidik dan mencetak mahasiswa perlu melakukan pemahaman mendalam terkait tingkat keterampilan literasi digital mahasiswa agar dapat melakukan penyesuaian kurikulum dan strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan masa kini. Pentingnya keterampilan literasi digital menjadi tujuan penelitian ini dilakukan dan melihat dampak dari literasi digital pada pembelajaran di masa depan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan dan metode ini digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat literasi digital mahasiswa tarbiyah UIN Madura. Sedangkan dampak dari literasi digital terhadap pembalajaran akan dibahas menggunakan metode analisis data sekunder yaitu hasil penelitian sebelumnya. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tarbiyah UIN Madura dan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling sehingga reponden penelitian berjumlah 48. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan instrumen penelitian form kuesioner secara digital yaitu google form. Kuesioner yang peneliti gunakan berdasarkan pada delapan komponen literasi digital untuk melihat tingkat literasi digital mahasiswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat literasi digital pada ketujuh dimensi masuk pada kategori tinggi dan satu dimensi lainnya masuk dalam kategori cukup. Kontribusi literasi digital dalam pembelajaran diantaranya Peningkatan keterampilan, motivasi, dan minat belajar peserta didik, mempersiapkan peserta didik agar mampu menghadapi tantang dan peluang di era dominasi teknologi digital, menumbuhkembangkan keterampilan literasi melalui kemudahan akses informasi, dan meningkatkan kemampuan belajar secara mandiri baik formal dan informal.
Copyrights © 2025