Salah satu lembaga keuangan yang mampu dalam menanggulangi kekurangan modal bagi industri rumah tangga dan usaha kecil adalah Bank Perkeditan Rakyat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan, kedekatan hubungan, kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah Perumda BPR Bank Brebes. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental dimana teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara sengaja kebetulan atau insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel yang berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan, kedekatan hubungan, kepercayaan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah
Copyrights © 2021