Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 3 No. 3 (2023): Artikel Riset Volume 3 Issue 3, November 2023

Strategi Keunggulan Bersaing Patra Semarang Hotel & Convention dengan Matriks IE, SPACE, dan Profil Kompetitif

Sabrina Septi Dri Utami (Unknown)
Siti Arbainah (Unknown)
Ardian Widiarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Meningkatnya wisatawan di Kota Semarang menjadi persaingan industri hotel juga meningkat, maka dari itu dibutuhkan strategi guna keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menentukan alternatif strategi bersaing yang tepat pada Patra Semarang Hotel & Convention. Pengumpulan informasi dilakukan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Memanfaatkan Matriks IFE, EFE, CPM, IE, dan SPACE untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut analisis Matriks IE, perusahaan berada pada kuadran V menunjukkan posisi “ditahan dan dijaga” dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk, sedangkan hasil analisis Matriks SPACE menunjukkan bahwa perusahaan berlokasi di kuadran A, menunjukkan strategi penetrasi pasar, diversifikasi, integrasi di bawah, dan integrasi di atas.. Patra Semarang Hotel & Convention berada pada posisi ketiga atau terakhir dari kedua kompetitor melalui analisis Matriks Profil Kompetitif. Alternatif strategi bersaing yang tepat pada Patra Semarang Hotel & Convention adalah penetrasi pasar, pengembangan produk, diversifikasi, integrasi ke depan, dan integrasi ke belakang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...