Tentu saja, tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan laba setiap tahunnya, namun dalam praktiknya, laba tidak lagi cukup untuk menarik perhatian pemangku kepentingan. Akibatnya, perusahaan juga harus menyoroti manfaat internal lainnya. Corporate Social Responsibility adalah salah satu upaya perusahaan sebagai cara peduli perusahaan pada lingkungan dan masyarakat sekitar yang dimana perusahaan lebih menerapkan tripel bottom lines. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengungkapan CSR perusahaan pertambangan dipengaruhi oleh profitabilitas dan leverage, dua faktor independen, pada tahun 2021–2023. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah di tentukan. Metode pengolahan data menggunakan aplikasi SPPS V25. output dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Profitabilitas dan leverage tidak memilki pengaruh pada pengungkapan CSR. Hal ini mengartikan bahwa tinggi dan rendahnya profitabilitas tidak mempengaruhi suatu perusahaan untuk terlalu melakukan pengungkapan CSR yang diperlukan bagi para masyarakat luas. Sedangkan leverage, Hal ini di karenakan perusahaan lebih mengutamakan biaya operasionalnya untuk meningkatkan laba perusahaan dengan biaya operasional yang tinggi sehingga akan terjadi pengurangan biaya termasuk biaya pengungkapan CSR.
Copyrights © 2024