Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 2 (2024): Artikel Periode Juli 2024

Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Pertambangan di Indonesia

Asada Tjondro, Aldric Randy (Unknown)
Muhammad Fahmi (Unknown)
Helisa Noviarty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Tentu saja, tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan laba setiap tahunnya, namun dalam praktiknya, laba tidak lagi cukup untuk menarik perhatian pemangku kepentingan. Akibatnya, perusahaan juga harus menyoroti manfaat internal lainnya. Corporate Social Responsibility adalah salah satu upaya perusahaan sebagai cara peduli perusahaan pada lingkungan dan masyarakat sekitar yang dimana perusahaan lebih menerapkan tripel bottom lines. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengungkapan CSR perusahaan pertambangan dipengaruhi oleh profitabilitas dan leverage, dua faktor independen, pada tahun 2021–2023. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah di tentukan. Metode pengolahan data menggunakan aplikasi SPPS V25. output dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Profitabilitas dan leverage tidak memilki pengaruh pada pengungkapan CSR. Hal ini mengartikan bahwa tinggi dan rendahnya profitabilitas tidak mempengaruhi suatu perusahaan untuk terlalu melakukan pengungkapan CSR yang diperlukan bagi para masyarakat luas. Sedangkan leverage, Hal ini di karenakan perusahaan lebih mengutamakan biaya operasionalnya untuk meningkatkan laba perusahaan dengan biaya operasional yang tinggi sehingga akan terjadi pengurangan biaya termasuk biaya pengungkapan CSR.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...