Jurnal Suluh Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): Maret 2024

PERBEDAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KONSEP MATEMATIS

gea, Dewi puspita sari (Unknown)
Harefa, Amin Otoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Gunungsitoli yakni pemahaman konsep matematis siswa yang masih kurang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 3 Gunungsitoli, dengan populasi penelitian adalah kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil secara random sampling, kelas yang yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IX-A sebagai kelas eksperimen I , dan kelas IX-B sebagai kelas Eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian dan terdiri dari tes awal dan tes akhir. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung =2,089 dan ttabel= 2,000. Karena thitung = 2,089 tidak terletak PADA interval -2,000 ≤ t ≤ 2,000, maka tolak H0 dan terima Ha, yang berarti: “Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rata- rata pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the ...