Jurnal Kelola : Jurnal Ilmu Sosial
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial

PENGARUH BRAND EMPOWERMENT TERHADAP BRAND PSYCHOLOGICAL OWNERSHIP, EMPLOYEE BRAND UNDERSTANDING, DAN EMPLOYEE BRAND EQUITY PADA KARYAWAN RETAIL BAGIAN PELAYANAN DI BEKASI

Pangyasa, Muhammad Firlian Noval (Unknown)
Pratiwi, Mirna Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand empowerment terhadap brand psychological ownership, employee brand understanding, dan employee brand equity pada karyawan retail bagian pelayanan di Bekasi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu karyawan bagian pelayanan di salah satu perusahaan retail yaitu INDOMARET di wilayah Bekasi. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan metode slovin untuk menentukan jumlah sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan software SmartPLS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand empowerment berpengaruh positif terhadap employee brand understanding, brand empowerment berpengaruh positif terhadap brand psychological ownership, employee brand understanding berpengaruh positif terhadap employee brand equity, brand psychological ownership berpengaruh positif terhadap employee brand equity. Sehingga employee brand understanding dan brand psychological ownership dapat memediasi hubungan antara brand empowerment dengan employee brand equity.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial (ISSN 2076-0760) is a national open-access journal with rapid peer review, which publishes works from a wide range of fields, including anthropology, criminology, economics, education, geography, history, law, linguistics, political science, psychology, social ...