Quality Control Circle (QCC) adalah teknik manajemen dimana karyawan berpartisipasi aktif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah di tempat kerja, dengan tujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas. Literature review ini mengevaluasi penelitian yang ada mengenai penerapan QCC, manfaat, tantangan, dan faktor keberhasilan di berbagai sektor industri. Penelitian menunjukkan bahwa QCC telah berhasil digunakan di sektor manufaktur, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan untuk memberikan berbagai manfaat, termasuk peningkatan kualitas produk dan layanan, peningkatan produktivitas, pengembangan tenaga kerja, serta peningkatan komunikasi dan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan 50 artikel dengan penerapan QCC dari berbagai manufaktur di Indonesia. Artikel-artikel tersebut terdiri atas 35 artikel terkait manfaat penerapan untuk kualitas produk dan 15 artikel terkait dengan peningkatan produktifitas. Penelitian ini berfokus pada artikel yang terbit antara tahun 2019 hingga 2024
Copyrights © 2024