Bakul Dimsum adalah salah satu bisnis di sektorkuliner yang beroperasi sebagai Usaha Mikro, Kecil, danMenengah (UMKM) yang menawarkan minuman danmakanan olahan daging berupa dimsum dan sudah berdiri daritahun 2021. Pada saat ini, Bakul Dimsum berencana untukberpindah ke gerai baru karena jumlah pasar yang terusmeningkat namum disisi lain terjadi penurunan jumlahpenjualan pada gerai sebelumnya. Penelitian analisis kelayakanini bertujuan untuk mengetahui pasar potensial, pasar tersedia,pasar sasaran, dan gambaran kelayakan bisnis selama limatahun yang akan datang. Untuk mengevaluasi aspek pasar,dilakukan penyebaran kuesioner dan didapatkan persentase93% untuk pasar potensial, 74% untuk pasar yang tersedia, dantarget bisnis Bakul Dimsum adalah menjangkau 3,4% daripasar yang tersedia. Hasil perhitungan kelayakanmenggunakan nilai MARR sebesar 14,23%, didapatkan nilaiNPV (Net Present Value) sebesar Rp66.870.304, nilai IRR(Internal Rate of Return) didapatkan sebesar 56,11%, dan PBP(Payback Period) selama 2,16 tahun. Dikarenakan NPV >0 dannilai IRR>MARR maka pembukaan gerai Bakul Dimsumdinyatakan layak. Analisis sensitivitas digunakan dalam tigaskenario yaitu kenaikan harga bahan baku dengan sensitivitas10%, sensitivitas kenaikan gaji pegawai 21%, dan sensitivitaspenurunan permintaan 5%. Untuk analisis risiko, pengukuranrisiko diperoleh total presentase sebesar 5,20%. Kata kunci— Bakul Dimsum, analisis kelayakan, NPV, IRR,PBP
Copyrights © 2024