Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiatribut berdasarkan persepsi konsumen dalam memilihrestoran Jepang di wilayah Bekasi dan mengetahui posisi merekrestoran Kita Steamboat & Yakiniku di antara kompetitornya.Survei yang dilakukan terhadap 112 responden yangmerupakan konsumen restoran Jepang dan dipilih melaluimetode purposive sampling. Data tersebut diolah menggunakanmetode multidimensional scaling (MDS) yang akanmenghasilkan peta spasial yang memvisualisasikan posisi tujuhrestoran Jepang beserta delapan atributnya berdasarkanpersepsi konsumen. Penelitian ini menunjukkan terdapatdelapan atribut yang mempengaruhi kecenderungan pelanggandalam memilih restoran Jepang yaitu atmosfir, kualitasmakanan, pelayanan karyawan, harga, fasilitas pendukung,lokasi, variasi menu, dan reputasi merek. Dihasilkan tigawilayah persaingan yang mengelompokkan merek restoran dankeunggulannya. Berdasarkan hasil perceptual mapping,penelitian ini menghasilkan tiga rancangan rekomendasiperbaikan positioning restoran Kita Steamboat & Yakinikuyang diharapkan mampu meningkatkan brand performancerestoran Kita Steamboat & Yakiniku dengan peningkatanbrand awareness dan customer engagement yang memperkuatposisi restoran di antara kompetitornya. Kata Kunci —Positioning, Multidimensional Scaling,Perceptual Mapping, Kita Steamboat & Yakiniku.
Copyrights © 2024