Anugrah Jati Perkasa merupakan salah satu usaha dalam penjualan kayu bulat jati yang terletak di Jepara.Sasaran pasar ditentukan karena di Kota Jepara terdapatbanyak industri. Pada Anugrah Jati Perkasa terdapatpermasalahan pada penjualan kayu jati yang mengalamipenurunan. Permasalahan yang ada membuat usaha inidihadapkan dengan beberapa peluang dan ancaman dari faktorinternal dan eksternal yang dapat berpengaruh terhadapkeberlangsungan usaha. Dari permasalahan yang ada padaAnugrah Jati Perkasa, diperlukan suatu strategi pemasaranyang optimal agar dapat mengatasi permasalahan serta untukmeningkatkan penjualan kayu pada Anugrah Jati Perkasa.Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahanmenggunakan Analisis SWOT dan QSPM. Analisis SWOTmerupakan alat analisis yang digunakan dalam menyusun ataumerumuskan strategi yang dilihat berdasarkan faktor internal(kekuatan, kelemahan) dan eksternal (peluang, ancaman).QSPM adalah alat untuk melakukan pemeringkatan alternatifstrategi untuk menghasilkan prioritas strategi yang terpilihatau strategi yang akan digunakan terlebih dahulu.Berdasarkan urutan prioritas strategi yang telah di analisis,strategi yang dapat diterapkan adalah memanfaatkan mediasosial untuk promosi menggunakan Facebook dan Instagram,memperluas cakupan pasar kayu bulat jati dengan menjalinkerjasama dengan industri furniture, dan menyediakan kayubulat jati sesuai dengan banyak permintaan konsumen. Kata kunci—Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, QSPM
Copyrights © 2024